Hati-Hati! 4 Hal ini Menyebabkan Bisnis Online Rentan Gagal

Friday, April 13th 2018. | Bisnis

Bisnis online merupakan salah satu jenis bisnis yang semakin banyak diminati orang. Proses pengelolaannya mungkin tampak mudah. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Sudah banyak contoh bisnis online yang sukses dirintis dari nol.

Namun sebenarnya membangun bisnis online bukan cuma perkara cari pinjaman saja. Lebih dari itu, banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis online. Empat hal berikut ini harus ternyata bisa menyebabkan bisnis online rentan gagal:

Tidak Memiliki Produk yang Unik

Salah satu kekuatan bisnis online adalah produk yang unik dan berbeda dari produk sejenis. Keunikan tersebut akan menambah daya jual produk yang kita pasarkan. Anda bisa berinovasi di bidang kualitas, packaging, dan tampilan produk. Contohnya, aneka produk kuliner kekinian yang lezat dan instagramable tentu jauh lebih menarik dibandingkan produk kuliner yang biasa-biasa saja.

Malas Promosi

Persaingan di bidang bisnis online memang semakin ketat. Sehingga Anda harus lebih gencar melakukan promosi secara konvensional maupun online. Melalui bidang konvensional, Anda bisa berpromosi dengan cara mengikuti pameran, bazar, atau event lainnya. Sedangkan untuk bidang online, Anda bisa memanfaatkan akun media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Proses promosi yang dilakukan secara intensif pasti kana mendukung peningkatan omset bisnis.

Enggan Melakukan Endorse

Bukan rahasia lagi kalau endorsement penting untuk meningkatkan jumlah followers di media sosial. Bisnis online yang menggandeng selebgram atau selebriti untuk endorse biasanya memiliki jumlah followers yang sangat banyak. Secara tidak langsung, jumlah followers akan memperbesar peluang peningkatan omset. Sebab para followers tersebut bisa tertarik dengan produk bisnis yang diiklankan oleh selebriti atau selebgram idolanya.

Persediaan Produk Terlalu Banyak

Persediaan produk terlalu banyak bisa mengakibatkan modal mengendap. Terutama bila banyak produk yang kurang laku. Alangkah lebih baik jika Anda tidak menyimpan persediaan produk terlalu banyak. Kecuali bila ada produk tertentu yang sedang laris dan banyak dipesan pelanggan. Alangkah lebih baik jika modal untuk stok produk dialokasikan untuk kebutuhan lain.

Jika sudah mengenal keempat penyebab kegagalan bisnis online tersebut, niscaya Anda akan lebih cermat ketika merintis bisnis online. Jadikan pengalaman orang lain sebagai referensi agar Anda bisa menyiapkan strategi bisnis terbaik mulai sekarang.

tags: ,