5 Akibat dari Kurang Gizi yang Terjadi pada Ibu Hamil

Sunday, April 15th 2018. | Gaya Hidup

Kondisi kesehatan Anda saat hamil sangatlah penting karena tidak hanya akan berakibat fatal bagi Anda tetapi juga bagi bayi. Anda harus selalu mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan, dan juga daging. Kurang gizi yang terjadi pada masa kehamilan akan menimbulkan akibat berikut ini. Ketahui sekarang sebelum terlambat.

  1. Terjadinya Anemia

Anda yang sedang hamil dan mengalami status sebagai ibu hamil yang kurang gizi maka Anda akan menderita anemia. Kondisi anemia yang terjadi ini akan membahayakan kandungan Anda karena dapat mengakibatkan keguguran. Terjadinya pendarahan karena tidak berkontraksinya otot rahim. Bahkan dapat menimbulkan infeksi saat persalinan dan setelah persalinan.

  1. Berat Badan Tidak Bertambah

Anda yang sedang hamil akan memiliki berat badan yang naik hingga 14 kilogram lebih selama masa kehamilan. Peningkatan berat badan Anda ini akan menjadi tolak ukur dari kebutuhan gizi yang dikonsumsi. Jika berat badan Anda tidak bertambah maka akan berakibat bayi Anda lahir dengan berat badan rendah dan menyebabkan berbagai risiko untuk bersalin normal.

  1. Kondisi Kesehatan Tidak Stabil

Kekurangan gizi akan membuat tubuh Anda mengalami penurunan sistem imun sehingga akan mudah terserang penyakit dan juga virus. Virus yang menginfeksi akan berakibat pada bayi di dalam kandungan Anda. Kondisi kesehatan ibu yang tidak stabil ini yang berisiko bagi bayi Anda yaitu lahir dengan berbagai penyakit bawaan dari dalam kandungan.

  1. Perkembangan Janin yang Bermasalah

Ibu hamil yang kekurangan gizi akan mengalami permasalahan pada perkembangan janinnya. Perkembangan janin yang tidak sempurna akan membuat terhambatnya perkembangan organ penting seperti otak. Nutrisi yang tidak cukup akan membuat bayi Anda mengalami tingkat IQ yang rendah bahkan bisa menyebabkan bayi lahir dengan keadaan cacat permanen.

Anda bisa mengawasi perkembangan janin di dalam kandungan dengan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Pemeriksaan USG dilakukan sebanyak 3 kali selama masa kehamilan Anda. USG akan membuat Anda mengetahui lebih awal akan kondisi kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan sehingga bisa diatasi dengan secepatnya.

  1. Kematian Ibu dan Bayi

Anemia adalah penyakit yang berbahaya jika dialami pada ibu hamil. Akibat yang terjadi harus membuat bayi lahir dengan prematur dan pada akhirnya memiliki sistem imun yang rendah. Bahkan anemia dapat menyebabkan Anda kesulitan dalam persalinan karena terjadi pendarahan postpartum dan yang paling fatal bisa mengakibatkan kematian pada ibu atau bayinya.

Selama masa kehamilan Anda harus mengonsumsi makanan bergizi tinggi agar daya tahan tubuh stabil dan perkembangan janin berlangsung baik. Anda bisa mengonsumsi susu sebagai tambahan nutrisi untuk tubuh dan susu juga akan membantu tumbuh kembang janin. Anda bisa mendapatkan susu ibu hamil ini dengan harga diskon hingga 15% selama promo lebaran.

tags: ,